menulis itu menyenangkan - writing is fun

di blog ini ada beberapa artikel menarik, download software dan ebook gratis, dan bonus akan diperoleh dari sponsor kami

Free Website Hosting
12:15 PM

Babi dalam Kehidupan Kita

Posted by Unknown

Mencengangkan!, itulah kata yang bisa saya ungkapkan dalam hati ketika membaca judul yang tertera di Buletin Kesehatan As-Silah, yang diterbitkan oleh CV. BPT Jogjakarta. Namun, setelah membaca Buletin tersebut saya jadi mengetahui lebih banyak dampak negatif yang disebabkan oleh Babi ketimbang manfaatnya. Oke, biar tidak penasaran, berikut saya tuliskan saja seluruh isinya.


Sekali lagi
BABI BANYAK MANFAATNYA,
KENAPA KOK DIHARAMKAN?*)
"Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang ketika disembelih disebut nama selain Allah..." (QS Al Baqarah 173)

Dalam ayat diatas Allah SWT menyebutkan makanan-makanan yang diharamkan bagi kaum Muslimin. Sikap kita sebagai seorang muslim adalah sami'na wa atho'na (mendengar dan taat) terhadap larangan tersebut. Kita harus yakin ada sesuatu madhorot yang besar pada makanan-makanan yang diharamkan, ini bisa kita kaji secara ilmiah.
Salah satu makanan yang diharamkan oleh Allah SWT seperti dalam surat Al Baqarah ayat 173 adalah daging babi.
Apa saja madhorot babi? Mengapa Allah melarang umat Islam mengkonsumsi daging babi dan memanfaatkan seluruh anggota tubuh babi? Setelah diadakan penelitian dan pengamatan terhadap hewan ini ternyata ditemukan hal-hal yang sangat mencengangkan dan diketahui kenapa babi diharamkan.

Berikut alasan-alasan mengapa babi diharamkan :
1. Babi adalah container (penampung) penyakit. Beberapa bibit penyakit yang dibawa babi :
a. Cacing pita (Taenia Solium)
b. Cacing spiral (Trichinella spiralis)
c. Cacing tambang (Ancylostoma duodenale)
d. Cacing paru-paru (Paragonimus)
e. Fasciolepsis busci
f. Schistosoma japonicum
g. Bakteri tubercolosis (TBC)
h. Virus cacar (small pox)
i. Virus kudis (scabies)
j. Kumparan kuman-kuman (Fuciformis N.)
k. Kolera (Salmonella choleraesius)
l. Bulantidium coli
m. Brucellosis dan Toxoplasma gondii.
2. Daging babi empuk tapi sulit dicerna, karena mengandung banyak lemak. Meskipun empuk dan terkesan lezat, namun daging babi sulit dicerna, akibatnya nutrient (zat gizi) tidak dapat dimanfaatkan tubuh.
3. Prof. A. V. Nalbandov, menyebutkan bahwa kantung urine (vesica urinaria) babi sering bocor, sehingga urine babi merembes ke dalam daging akibatnya daging tercemar kotoran yang mestinya dibuang bersama urine.
4. Lemak punggung (backfat) tebal dan mudah rusak oleh proses ransiditas oksidatif (tengik), tidak layak dikonsumsi manusia.
5. Babi merupakan carier (pembawa) virus penyakit Flu Burung (Avian Influenza) di dalam tubuh babi virus AI bermutasi menjadi H5N1 (ganas/mematikan dan menularkan ke manusia)
6. Prof. Abdul Basith Muhammad menuturkan berbagai penyakit yang ditularkan oleh babi, yaitu :
a. Pengerasan urat nadi
b. Naiknya tekanan darah
c. Nyeri dada yang mencekam (angina pectoris)
d. Radang (nyeri) pada sendi-sendi tubuh
7. DR. Murad Hoffman (Doktor ahli dan penulis di Jerman) mengatakan :
a. Memakan babi yang terjangkiti cacing babi tidak hanya berbahaya, tapi juga meningkatkan kolesterol tubuh dan memperlambat proses penguraian protein dalam tubuh
b. Menyebabkan penyakit kanker usus, iritasi kulit, eksim dan rheumatic
c. Virus-virus influenza yang berbahaya hidup dan berkembang karena medium dibawa oleh babi
8. Penelitian ilmiah di China dan Swedia menyebutkan bahwa daging babi merupakan penyebab utama kanker anus dan kolon.
9. Dr. Muhammad Abdul Khair (Penulis buku ijtihadaat fi at Tafsir Al Quran Al Karim) menuliskan bahwa daging babi mengandung benih-benih cacing pita dan trachenea lolipia, benih-benih tersebut berpindah karena manusia yang mengkonsumsi daging babi. Penyakit lain yang ditularkan misal :
a. Kholera babi (penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus)
b. Kulit kemerahan yang ganas dan menahun (bersifat mematikan)
c. Penyakit pengelupasan kulit
d. Benalu Askaris, berbahaya bagi manusia.
10. DNA+ babi sangat mirip manusia sehingga sifat buruk babi dapat menular ke manusia.

Beberapa Sifat Jelek Babi
A. Binatang paling rakus, kotor dan jorok di kelasnya
1. Kerakusannya tidak tertandingi hewan lain
2. Suka memakan bangkai dan kotorannya sendiri, termasuk kotoran manusia
3. Sangat suka di tempat yang basah dan kotor
4. Untuk memuaskan sifat rakusnya, bila tidak ada lagi yang dimakan, maka ia akan memuntahkan isi perutnya kemudian dimakan lagi
5. Kadang mengencingi makanannya terlebih dahulu sebelum dimakan
B. Babi adalah binatang pemalas, tidak agresif, tidak suka mencari makan, suka dengan sejenis dan tidak pencemburu, tidak tahan sinar matahari dan tidak punya sifat membela diri
C. Ustad Muhammad Umar Abduh (Ulama Perancis) menyebutkan bahwa BABI MENULARKAN SIFAT SUKA BERZINA
D. Babi adalah binatang pengecut, dia akan membiarkan pasangannya digauli pejantan lain, tidak seperti binatang lain yang akan bertarung mati-matian untuk mempertahankannya

Penggunaan Daging Babi & Produk-Produknya
A. LEMAK, digunakan untuk :
1. Lemak & gliserin diolah menjadi softdrink, bahan kosmetik (facial, hand&body lotion) sabun, dll
2. Emulsifier; Lesitin, E 471
3. Sebagai pengempuk & pelezat rerotian dan coklat
4. Diolah menjadi minyak pelezat masakan
5. Bahan strater Vetsin (Kasus Ajinomoto)
B. BULU BABI banyak digunakan sebagai bahan kuas roti, kuas cat dan kuas lukis. Jika digagang kuas tertulis BRISTLE bisa dipastikan terbuat dari bulu babi. Menurut data Biro Statistik (2002), pada periode Januari-Juni 2001 Indonesia mengimpor kuas bulu babi sebesar 282.983 ton. Untuk mengetahui, bakarlah satu helai jika baunya seperti bau rambut maka itu dari bulu binatang (bulu babi)
C. DAGINGnya merupakan sumber protein hewani yang murah (lebih murah dari daging sapi) dan tersedia di pasaran. Dapat dipakai untuk campuran bakso, siomay, bakmi goreng, dll
D. TULANGnya juga banyak dimanfaatkan antara lain :
1. Sebagai bahan bikin petung
2. Dijadikan arang sebagai filter penyaring air mineral
3. Di industri obat diolah menjadi gelatin, sebagai bahan pembuat cangkang kapsul, disinyalir 70-90% CAPSUL YANG BEREDAR DI PASARAN DIRAGUKAN KEHALALANNYA (TERBUAT DARI BABI) dan harganya lebih murah dari gelatin sapi.
4. Sebagai bahan lem, dll
E. ORGAN DALAM seperti ginjal, hati, jantung digunakan untuk transplantasi. Sementara placenta digunakan sebagai kosmetika (facial, hand&body lotion), sabun, dll
F. KULIT digunakan untuk industri sebagai bahan tas, sepatu, dompet, dll

Demikian hasil penelitian para ahli, memang tidak kita pungkiri hampir semua komponen dari hewan ini dapat dimanfaatkan, namun ternyata akibat negatifnya (madhorot) jauh lebih besar. Saat ini banyak produk-produk yang beredar di pasaran menggunakan komponen dari babi karena alasan ekonomis (murah) dan misi terselubung. Produk-produk yang banyak memanfaatkan babi seperti cangkang kapsul obat, kosmetik, bahan dari kulit, kuas roti, makanan, dll.
Dewasa ini banyak tingkah laku kaum muslimin yang menyerupai tingkah laku orang kafir yang tidak mengharamkan babi, perzinahan, sifat pengecut, tidak amanah dan sifat tidak baik lainnya banyak dilakukan orang Islam. Apakah kalangan kaum muslimin sudah banyak yang tidak peduli terhadap halal dan haram? Ataukah ada upaya dari orang kafir untuk menyebarkan makanan yang tidak halal secara terselubung sehingga banyak kaum muslimin mengkonsumsinya karena tidak tahu? Wallahu a'lam bi sawab.
Oleh karena itu kita harus berhati-hati dan teliti betul ketika akan membeli produk, kita teliti kandungan yang tertulis jika meragukan lebih baik kita tinggalkan. Akan lebih aman menggunakan produk yang telah mendapat rekomendasi HALAL dari LPPOM MUI sehingga kita tidak sampai mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak jelas kehalalannya. Paling tidak kita sudah berusaha maksimal untuk menghindari produk-produk yang haram.

*) Sumber LPPM MUI

------------------------------
Sumber : Buletin Kesehatan As-Silah No. 1 Th. 1 Maret-Mei 2009. Diterbitkan oleh CV. BPT Jogjakarta

0 comments:

Post a Comment

jika ada sesuatu yang tidak bisa saya jelaskan disini, maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena memang saya masih pembelajar

Your Ad Here